Zoom Rilis Fitur Keamanan Untuk Cegah Zoombombing

bigtek.co.id – Sejak pandemi salah satu platform fitur video conference Zoom terus meroket dan populer dikalangan pelajar maupun karyawan kantoran sebagai penunjang aktifitas. Kepopulerannya ternyata mengundang pihak yang iseng untuk memanfaatkan kekurangan Zoom untuk mengganggu peserta meeting atau melakukan zoombombing.

Seperti yang diketahui Zoombombing adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aksi penyusupan ditengah meeting yang sedang berlangsung di platform Zoom. Penyusup biasanya mengganggu peserta rapat dengan membagikan konten yang tidak senonoh atau berupa ancaman kepada pihak rapat. Aksi zoombombing ini tentu meresahkan dan menggangu pihak penyelenggara rapat maupun peserta konferensi. Untuk cegah zoombombing, pihak Zoom akan merilis fitur keamanan.

Karena hal tersebut akhirnya Zoom merilis fitur keamanan baru guna mencegah berbagai gangguan saat meeting berlangsung. Melansir dari laman The Verge, Selasa (17/11/2020), Zoom mengizinkan pengguna untuk menunda rapat yang sedang berlangsung untuk sementara waktu, dengan begitu admin dapat mengeluarkan zoombomber yang menggangu rapat.

Dengan adanya fitur keamanan baru ini, pengguna zoom dapat menunda meeting yang sedang berlangsung dan memblokir konten-konten negatif yang dibuat zombomber agar tidak diperlihatkan ke peserta meeting. Pengguna dapat juga melakukan report guna melaporkan Zoombomber kepada pihak Zoom.

Baca Juga : Jago Belajar Bahasa Inggris Dengan Google Translate

Cara untuk menunda berjalannya meeting, pengguna bisa klik icon ” Security”, kemudian lanjut dengan memilih “Suspend Participant Activities” untuk melarang segala aktifitas si Zoombomber.Dengan melakukan langkah tersebut semua video, chat, audio dan yang lainnya akan diberhentikan sehingga Zoombomber tidak bisa melakukan apa-apa. Tim zoom akan menanyakan ke penyelenggara, apakah ingin melaporkan pengguna pengganggu tersebut, jika ya pengguna terseut akan dikeluarkan.

Selain itu Zoom memiliki tools untuk memindai web dan platform media sosial pada tautan di Zoom meeting yang dibagikan secara publik guna mendeteksi rapat yang kemungkinan diganggu, tools ini dapat memberi tahu apa yang harus dilakukan seperti menghapus ruang rapat atau membuat ruang rapat baru.
Banyak peningkatanyang dihadirkan Zoom mulai dari mengaktifkan ruang secara default untuk akun Pro basic, lisensi tunggal dan edukasi sehingga Zoombomber sulit untuk menyusup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress