Konsep Retail 2021 : Offline To Online atau Online Virtual Shop

Bigtek.co.id – Tahun 2020 akan segera berakhir dan memasuki tahun baru 2021. Bergantinya tahun pasti akan berganti juga konsep strategi marketing yang digunakan bisa saja yang mulanya membuka usaha tradisional offline berubah menjadi online karena mengikuti tren digital dan juga karena pandemi atau bisa saja tetap membuka toko secara offline atau mulai merambah ke virtual shop.

Jika dilihat dari kondisi tahun sekarang, para pengusaha retail sudah mulai beralih konsep dari offline ke online. Dan perkembangannya hampir 80% berjualan secara online dengan memanfaatkan sosial media juga marketplace bahkan ada yang membuat toko online sendiri khusus untuk jualan produk usaha. Dengan konsep online ini dapat membantu memudahkan pembeli untuk membeli produk atau jasa di luar daerah. Keuntungan yang didapat penjual dapat menjangkau target market yang lebih luas.

Baca Juga : Cara Cepat Hilangkan Iklan di Instagram!

Tak dipungkiri juga, Indonesia sudah memiliki online virtual shop dimana pembeli dapat merasakan berbelanja secara nyata dalam bentuk virtual, sehingga bisa saja kebiasaan masyarakat berbelanja berubah dari offline ke online dan sebagian sudah menggunakan virtual shopping. Namun tetap ada penjual yang masih membuka toko offlinenya.

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang didapat jika konsep retail online diantaranya :

1. Memudahkan pembeli

Jika konsep retail menjadi online, akan memudahkan pembeli melakukan transaksi belanja secara online tanpa harus pergi ke toko. Pembeli dapat melihat beberapa produk dan membelinya secara online, melakukan pembayaran secara transfer melalui metode pembayaran yang ditentukan. Pembeli hanya menunggu hingga pesanan datang ke tempat dia berada. Dengan begitu akan lebih menghemat waktu dan biaya. Pembeli dapat juga membeli kapan saja tanpa harus terhalang waktu.

2. Menjangkau target pasar lebih luas

Begitu juga dengan penjual yang memiliki keuntungan lebih dimana dapat menjangkau pembeli atau target market secara luas bukan hanya di satu daerah saja. Dengan adanya marktplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee serta marketplace lainnya produk dapat dilihat oleh banyak pembeli.

Baca Juga : Jago Belajar Bahasa Inggris Dengan Google Translate

3. Tidak terbatas waktu

Pembeli dan penjual dapat kapan saja melakukan transaksi tanpa harus terbatas oleh waktu dan jarak, jadi lebih efisien dan efektif.

Kalo menurut bigtekmate gimana nih konsepnya akan berubah dari online ke offline atau offline ke online atau malah trend virtual shopping ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress