Tips Membuat Dan Mengatur Template Gmail

Bigtek.co.id – Sebagai pengguna Google pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Gmail. Yups fitur gmail ini digunakan untuk mengirimkan pesan melalui email. Jika kita sering menulis pesan yang berulang kali bisa dengan menyalin dan menempel pesan yang sama beberapa kali. Tentu saja Gmail, memiliki fitur template yang dapat memudahkan pekerjaan penggguna. Dengan membuat dan menyimpan template email, pengguna dapat menyisipkan ketika membuat email berikutnya.

Template yang dapat pengguna buat dan simpan hingga 50 template sekaligus, sehingga mudah untuk membuat template berbeda untuk situasi yang berbeda. Mau tau cara membuat template email dan Gmail beserta penggunaan template yang disimpan, bigtek berbagi cara mudah membuat template email dan menggunakan template email yang disimpan.

  1. Membuat Template Email

Untuk membuat template email, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan setting atau pengaturan dengan cara klik icon roda gigi di sudut kanan atas layar > pilih see all setting > buka tab Advance > scroll ke bawah ke bagian Templates dan pilih Enable > klik Save Changes di bagian bawah menu, ini akan membawa pengguna kembali ke kotak masuk.

Selanjutnya klik tombol Compose atau Tulis Baru, akan muncul jendela tulis email template. Setelah selesai, klik pada tiga titik ke sudut kanan bawah jendela > pilih Template dari opsi tersebut > klik Save draft as template > Save as new template.

cara membuat template email

Ketikkan nama template di jendela yang muncul, nama tersebut akan muncul sebagai baris subjek kemudian klik Save

cara membuat template email 2

Untuk mengedit perubahan pada template, pengguna cukup menimpanya saja, tulis email yang diperbaiki kemudian klik opsi Save draft as template, klik nama template yang ingin pengguna ubah di bawah Overwrite Template > klik Save di jendela pop-up.

Sedangkan untuk menghapus template, klik Delete template di bawah opsi Template > klik Delete di jendela pop-up.

2. Menggunakan Template Email Yang Simpan

Nah, setelah template dibuat saatnya untuk menggunakan template email tersebut.Caranya cukup mudah, klik tombol Compose > ketikkan email tujuan dari pesan tersebut pada bagian pesan kamu bisa klik titik tiga di sudut bawah kanan jendela > Pilih Templates > dan pilih nama template yang akan digunakan.

cara menggunakan template email

Jika sudah tinggal dikirim saja ya pesannya. Gimana mudah kan cara membuat template email dan menggunakan template yang sudah disimpan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress