Atasi Susah Buka Sensor Fingerprint di Android

Bigtek.co.id – Sistem keamanan pada perangkat smartphone setiap keluarannya semakin diperketat, mulai dari penggunaan password, PIN, face sensor hingga sidik jari atau fingerprint.

Fitur keamanan fingerprint umumnya diletakkan dibelakang layar, samping layar dan ada juga di dalam layar smartphone itu sendiri. Cara kerja fingerprint sangat mudah dengan meletakkan salah satu jari yang telah didaftarkan oleh pemilik hp pada panel scanner fingerprint yang ada di pengaturan smartphone dan sistem penguncian akan terbuka.

Fungsi dari scan fingerprint ini untuk menjaga dan melindungi akses perangkat sehingga orang ain selain pemilih Hp tidak dapat mengakses dan mencuri data didalam smartphone. Tetapi, meskipun sistem ini canggih masih ada celah error dan masalah saat membuka kunci smartphone menggunakan sensor fingerprint. Masalah yang sering terjadi yaitu sulit mendeteksi fingerprint sehingga perlu berkali-kali untuk menempelkan jari pada scanner.

Terlihat sepele tapi membuat jengkel juga kan, untuk mengatasi permasalahan fingerprint susah dibuka ini, bigtek akan bagi solusi terbaiknya, berikut cara atasi buka fingerprint di Android.

1. Bersihkan Jari

Sebelum menempelkan jari kalian ke scanner, ada baiknya untuk mengelap dulu jari tangan sampai bersih. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel pada jari hilang dan tidak mengahambat dalam pendeteksian sensor jari.
Apalagi kalo jari tangan yang digunakan bekas makanan yang berminyak, berkeringat atau kotor otomatis sensor tidak akan dapat mendeteksi dan mengakibatkan fingerprint sulit buka kunci di smartphone.

Atasi Susah Buka Fingerprint di Android
sumber: pixabay

2. Bersihkan Scanner
Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu membersihkan snaccer yang ada di belakang layar atau layar depan baik itu dengan tisu atau lap kain. Karna bisa saja scanner terhalang oleh kotoran seperti debu dan sejenisnya.

3. Restart Smartphone
Cara yang paling umum dilakukan oleh pengguna smartphone jika terjadi aplikasi yang tidak merespon. Sama halnya dengan sensor fingerprint yang jika tetap tidak merespon dan mendeteksi bisa dengan melakukan restart atau reboot smartphone. Cara ini biasanya merupakan cara terampuh karna smarphone akan melakukan boot ulang.

Baca Juga : Tips Mengatasi aplikasi Android yang tidak menanggapi

4. Registrasi fingerprint lebih dari satu kali
Nah, cara lain adalah melakukan registrasi ulang sidik jari tetapi lebih dari satu sidik jari untuk mendukung keakuratan sensor fingerprint di smartphone dengan cara sebagai berikut :
masuk ke menu pengaturan / setting > pilih security > pilih fingerprint > masukkan PIN > add finger print

5. Reset Smartphone
Jika ternyata cara yang sudah dijelaskan tidak berpengaruh apa-apa, bisa coba untuk melakukan reset factory atau mengembalikan ke default bawaan pabrik. Tapi sebelum melakukan hal tersebut perlu backup data terlebih dulu ya. Cara ini bisa dipakai baik di Android maupun di iPhone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress