Kenali Perbedaan Deep Web dan Dark Web

bigtek.co.id – Siapa yang tidak mengenal internet, dan bahkan kebanyakan orang saat ini lebih banyak mengakses media sosial, membaca berita, memesan makanan, menonton acara kesukaan hingga memesan kendaraan untuk perjalanan secara online. Dibalik aktifitas yang dilakukan ternyata ada bagian yang pengguna internet tidak diketahui dan tidak di indeks oleh mesin pencari yang disebut sebagai surface web (permukaan).

Padahal, internet memiliki bagian yang sangat luas diantaranya ada yang disebut Deep Web dan Dark Web, ada yang mengatakan jika keduanya merupakan hal yang sama padahal sangat berbeda.

Mau tau perbedaannya dari keduanya ?

Perbedaan antara Deep Web dan Dark Web dapat dilihat dari mulai cara mengakses, situs web yang bisa di akses, penggunaannya, ukuran web (jumlah situs yang dapat diakses) hingga siapa saja yang bisa mengakasesnya dan kerahasiaan pencarian.

Yang pertama kita kenali dulu surface web atau yang dikenal juga dengan visible web bagian dari world wide web (www) yang tersedia untuk umum dan dapat dicari dengan mesin pencari web standar. Web surface dapat digunakan oleh semua orang untuk mengakses media sosial, belanja online, bekerja dan aktifitas lainnya dan dapat diakses oleh mesin pencari apapun.

Baca Juga : Processor AMD atau Intel Yang Lebih Baik Tahun 2020

Deep Web
Bagi orang awam Deep Web merupakan level yang lebih dalam dari visible web di internet, yang merujuk ke situs web yang tidak bisa diakses dengan mudah melalui mesin pencari konvensionla seperti Google atau Yahoo, dikarenakan konten yang ada pada Deep Web belum diindeks oleh mesin pencari umum yang digunakan.

Situs web yang menggunakan Deep Web tidak dimaksudkan informasi yang dimiliki untuk konsumsi publik. Pemilik konten membuat informasi tersebut tidak dapat diakses dengan mencari hasil pencarian browser internet, alamat hanya dapat diakses dengan menavigasi langsung ke URL melalui tautan atau mengetikkan alamat web yang tepat di browser.

Tidak semua Deep Web bersifat ilegal, karena kegiatan yang dilakukan ada yang masuk dalam konteks hukum. Sedangkan untuk penggunanya Deep Web digunakan oleh Whistleblowers(pelapor), jurnalis, pengunjuk rasa, hingga kelompok tertentu.

Dark Web
Dikenal dengan Dark Net yang merupakan bagian paling dalam dari internet, untuk mengaksesnya saja diperlukan skill kecakapan internet tertentu dengan langkah yang diperlukan harus diambil untuk tidak hanya memasuki dunia enshroud sambil menjaga privasi masimal. Untuk menjaga anonimitas, pengunjung dark net biasanya menggunakan perangkat lunak anonimitas khusus seperti Tor untuk menutupi identitas seperti alamat IP, lokasi dan lain-lain.

Ada banyak hal yang bisa ditemukan melalui Dark Web seperti nomor kartu kredit, paspor, penjualan narkoba, penjualan senjata, data sensitif milik pemerintahan, hingga replika barang mewah.

Beberapa dari pengguna internet yang masuk ke Deep Web dan Dark Web berusaha mencari sesuatu yang khusus yang tidak didapatkan dari internet biasa atau pun hanya ingin tahu. Jadi, itulah perbedaan Dark Web dan Deep Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress