Processor AMD atau Intel Yang Lebih Baik Tahun 2020

Processor AMD atau Intel  РHal yang pertama kali diperhatikan saat akan membeli laptop yaitu processor. Dari banyaknya brand processor hanya dua brand yang mampu mendominasi pasar processor di dunia yaitu Intel dan juga AMD. Memiliki reputasi yang lebih baik dibanding AMD, Intel menawarkan teknologi canggih dengan kualitas premium kelas atas. Berbeda dengan AMD dulu yang hanya merupakan pilihan alternatif bagi para perakit PC dengan low budget. meskipun murah tapi kualitas AMD tidak dapat dikatakan buruk.

Tahun 2020 tentu kedua brand processor ini terus mengembangkan inovasinya dan persaingan antara AMD vs Intel semakin memanas. Hmm kira-kira tahun ini mana ya yang lebih baik . Yuk kita ulas kedua perfoma dari AMD dan Intel. AMD mulai memperkenalkan processor baru di tahun 2007 dengan besutan terbaru yakni AMD Reyzen Series yang memiliki performa kualitas tinggi dengan harga yang murah.Berbeda dengan Intel yang dibanderol harga tinggi. Wah, apa aja ya kira-kira perbandingannya dan mana yang lebih baik antara processor AMD atau Intel ?

  1. Clock Speed

Jika sebelumnya AMD memiliki clock speed dibawah Intel tapi saat ini kondisinya berbeda, Kini keduanya memiliki clock speed yang sama dan memiliki potensi yang sama ketika di overclock. Clock speed sendiri digunakan untuk mengukur performa processor akurat. Rata-rata processor memiliki 3-4 GHz.

  1. Overclocking

overclocking merupakan tindakan membuat processor bekerja di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat. Processor AMD Ryzen memiliki keunggulan karena semua processornya bisa di overclock asalkan motherboard yang digunakan mendukung Berbeda dengan processor intel yang hanya processor akhiran “K” yang mampu di overclock

Baca Juga : Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanan

Mana Yang Lebih Baik AMD atau Intel Tahun 2020

  1. Performa

Mungkin akan bertanya- tanya processor mana yang memiliki performa lebih baik saat main game Inter core atau AMD Ryzen ? AMD Ryzen memiliki kemampuan lebih baik dalam multi-tasking dengan jumlah core-nya yang banyak, namun Intel memiliki performa single-core yang lebih baik.

  1. Kompatibilitas

Prosesor Intel membutuhkan motherboard dengan socket bertipe LGA untuk menggunakan prosesor tersebut. Masalahnya nggak semua tipe LGA mendukung jenis-jenis prosesor Intel. Berbeda dengan AMD yang menggunakan socket bertipe AM. Saat ini, socket terbaru Ryzen memiliki seri AM4. Kerennya, semua prosesor AMD mampu menggunakan socket tersebut. Prosesor Ryzen lama mampu menggunakan motherboard socket baru, begitu juga prosesor Ryzen baru mampu menggunakan motherboard dengan socket lama.

Baca Juga : Prediksi 5 Tren Teknologi Yang Berkembang di Tahun 2020

Jadi, menurut bigtek kalo dilihat dari perbandingannya tentu saja AMD Ryzen lebih unggul dari Intel Core meskipun tidak dari semua segi perbandingan ya. Buat bermain game cocok gunakan processor AMD ryzen karena harganya yang murah serta memiliki performa yang lebih baik dan juara kelas mid-end tapi ya kalo punya budget lebih bisa gunakan Intel Core karena performanya yang superior berada di kelas high-end. Coba menurut kamu lebih baik mana nih mau sambil googling nyari processor buat laptopnya  juga boleh tuh hehe ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress