Lebih Baik Pilih Marketplace atau E-Commerce ?

Berencana berjualan online tapi masih bingung mau pilih jualan lewat marketplace atau e-commerce? Sebenarnya keduanya bisa digunakan untuk berjualan tetapi banyak dari kita yang salah mengartikan kedua platform ini. Dan kali ini bigtek akan bahas mana yang lebih baik dipakai untuk berjualan antara marketplace dengan e-commerce.

Dilihat dari artinya, e-commerce lebih berfokus untuk menjual produk dari brand perusahaan itu sendiri, sehinga konsumen tidak dapat menemukan produk dari brand lain di website tersebut.
Biasanya suatu brand membua website sendiri khusus untuk produk-produk yang dimiliki dan dapat mendesain tampilan website sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Software Penjualan Barang dan Jasa Terbaik

Sedangkan marketplace sama halnya dengan pasar tradisional, jika pernah berbelanja ki pasar pasti kita akan menjumpai berbagai macam produk dan berbagai penjual sama halnya dengan marketplace dimana kita menjumpai berbagia penjual dengan berbagai produk yang ada di Indonesia hanya saja diakses secara online. Di Indonesia sendiri sudah banyak marketplace diantaranya Tokopedia, Shopee,Bukalapak dan lainnya.

Ada juga beberapa perbedaan dari marketplace dan e-commerce salah satunya dari tampilan, di marketplace anda dapat menemukan beberapa produk mulai dari peralatan rumah tangga, fashion, gadget, elektronik dengan penjual yang berbeda-beda pula. Sedangkan di e-commerce anda dapat juga menemukan berbagai produk namun bedanya hanya dari satu penjual saja. Lebih luasnya berikut perbedaan lainnya :

1. Teknik Marketing
perbedaan yang paling mendasar berada di teknik marketing. Jika e-commerce untuk meningkatkan transaksi perlu meningkatkan traffic website karena adanya customer berasal dari traffic yang mencari website anda, untuk itu perlu sering share informasi di website dengan kata kunci yang bisa mengacu ke website e-commerce anda. Berbeda dengan marketplace yang sudah memiliki banyak merchant sehingga tidak perlu meningkatkan traffic, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara anda meyakinkan pelanggan untuk berbelanja di toko anda.

Baca Juga : Perbedaan Aplikasi Desktop Dengan Aplikasi Web

2. Biaya dan waktu
dilihat dari biaya dan waktu memang keduanya sangat berbeda, jika marketplace tidak memerlukan biaya yang mahal karna hanya upload gambar produk saja ke marketplace berbeda dengan e-commerce yang memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit karena harus membangun website dari awal dan mendesain sedemikian rupa agar lebih menarik dimana pelanggan.Jika kerepotan dengan membuat website dapat mengandalkan jasa pembuatan website e-commerce dan hanya perlu membayar biaya server, dan pembuatannya.

3. Kompleksitas
Nah, yang terakhir ini perbedaannya sangat berat juga yaa karena di marketplace atau e-commerce harus bisa menampilkan produk dengan kekompleksitasannya tapi memang lebih unggul marketplace karena dapat mencari produk yang berbeda.

Jadi mana yang lebih baik, marketplace atau e-commerce ? jawabannya adalah keduanya sama-sama baik dan tergantung dengan bisnis yang kita jalani. Jika anda punya produk dari brand sendiri lebih baik memilih e-commerce agar konsumen dapat melihat semua produk dari brandmu.
Tetapi tidak menutup kemungkinan jika mau berjualan lewat marketplace juga. Anda hanya perlu mengatur kapasitasnya saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress