Perbedaan Aplikasi Desktop Dengan Aplikasi Web

Perbedaan Aplikasi Desktop Dengan Aplikasi Web- Berbicara tentang aplikasi memang jangkauannya sangat luas karna aplikasi terdiri dari beberapa jenis diantaranya aplikasi desktop, aplikasi web dan juga aplikasi mobile tapi dikesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan aplikasi desktop dengan aplikasi mobile. Sebenarnya kedua aplikasi ini hampir sama karena karena dapat digunakan di perangkat PC atau laptop tapi bedanya pada koneksi internet. Biar lebih mudah lagi kita kupas tuntas disini ya.

Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop merupakan suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline tetapi harus menginstall aplikasinya di laptop atau komputer.

Aplikasi Web

Aplikasi web merupakan suatu aplikasi berbasis web yang dapat beroperasi melalui browser dan dapat diakses jika ada jaringan atau koneksi internet.

Perbedaan aplikasi desktop dan web yang paling mendasar adalah dari bahasa pemrograman, kalau desktop didukung oleh beberapa macam program dseperti delphi, visual basic dan lain-lain. Sedangkan untuk bahasa pemrograman aplikasi web diataranya HTML, CSS, PHP, Javascript dan lainnya.

Bukan hanya itu perbedaan lainnya diantaranya :

interaksi penggunaan : aplikasi desktop dapat berjalan di semua sistem operassi sedangkan web dapat berjalan juga di semua sistem operasi yang penting terkoneksi dengan internet.

Akses : aplikasi dekstop terbatas hanya digunakan di perangkat laptop/PC sedangkan untuk website dapat diakses dan digunkan di beberapa perangkat seperti mobile, PC, Laptop dan lainnya asal ada web browser.

Popularitas : sebelum adanya smartphone, aplikasi desktop popularitasnya sangat tinggi namun sekarang sudah meredup berbeda dengan web based yang popularitasnya semakin hari semakin tinggi.

Adapun kekurangan dan kelebihan dari kedua aplikasi tersebut diantaranya :
Aplikasi berbasis dekstop
Kekurangan :
1. aplikasi ini perlu diinstal dulu di komputer untuk dapat dijalankan
2. aplikasi tidak dapat dibuka dikomputer lain yang belum diinstal
3. memerlukan hardware dengan spesifikasi peragkat yang tinggi

sedangkan kelebihan dari aplikasi desktop diantaranya :
1. dapat berjalan independen tanpa menggunakan browser
2. tidak membutuhkan koneksi internet karena sudah terinstall aplikasinya
3. dapat dengan mudah dimodifikasi

Baca Juga : Manfaat Aplikasi Smart Kasir Mobile

Aplikasi berbasis web memiliki kekurangan dan kelebihan diantaranya :
1. Mampu menjalankan aplikasi dimana saja dan kapan saja tanpa harus menginstall aplikasinya karana dapat diakses di browser.
2. dapat dijalankan di sistem operasi manapun asalkan adanya akses internet
3. Dapat diakses lewat berapa media seperti PC, Laptop, smarthpone dan tablet
4. Tidak ada ketentuan spesifikasi perangkat untuk mengaksesnya asalkan ada browser dan koneksi internet.

Jika dilihat dari keunggulan dan popularitasnya aplikasi website lebih unggul dari aplikasi desktop dengan begitu aplikasi web saat ini banyak digunakan dan populer. Nah, udah tau kan perbedaan aplikasi desktop dengan aplikasi web, tertarik dengan aplikasi web untuk bisnis ? hubungi Binokasih Global Teknologi untuk jasa pembuatan aplikasi web disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress