Digitalisasi Data Melalui Layanan Sistem Informasi Database Pertanahan

Digitalisasi Data Melalui Layanan Sistem Informasi Database Pertanahan.  Dukungan teknologi diharapkan dapat mendukung program prioritas nasional guna mewujudkan target program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL). Melalui layanan pertanahan secara digital dengan mengedepankan aspek digitalisasi data pertanahan dapat memudahkan penataan dokumen pertanahan di Indonesia.

Data pertanahan tiap daerah tentunya akan terus bertambah, dan dokumen warkah akan menyita banyak ruangan dikantor Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan maka dari itu diperlukan Sistem Informasi yang mampu menyimpan data pertanahan terlebih dokumen pertanahan sifatnya sangat penting terutama jika terjadi masalah pertanahan sehingga diperlukan adanya database pertanahan.

Baca Juga : Sistem Informasi Database Pertanahan

Sistem Informasi Database Pertanahan mencakup beberapa data diantaranya yaitu Data Tanah Pemerintah Kabupaten, Data Tanah Pemprov, Data Hak Guna Usaha (HGU), Data Pengadaan Tanah, Data Tanah Desa, Data Tanah Negara dan Data peta keseluruhan data akan tersimpan di server dan dapat diakses oleh DPKPP.

Digitalisasi data melalui layanan sistem informasi database pertanahan ini menjadi salah satu bentuk transformasi layanan pertanahan dari manual menjadi digital yang dapat diakses melalui website atau mobile aplikasi. Layanan sistem informasi database pertanahan dapat mendukung penyediaan sumber data. Tentunya untuk menerapkan layanan sistem informasi database pertanahan perlu pengadaan perangkat keras, aktifitas pendukung, serta sumber daya manusia untuk menjalankan aktifitas operasional.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Terbaik

Keuntungan dari penerapan layanan sistem informasi database pertanahan akan membantu Kementerian ATR/BPN. Digitalisasi layanan sistem informasi tersebut dapat digunakan di tiap daerah kabupaten dan dapat terintegrasi dengan sistem pertanahan lainnya. Salah satu kabupaten yang sudah menerapkan sistem informasi database pertanahan yaitu DPKPP Kabupaten Sumedang. Data pertanahan di kabupaten Sumedang sedikit demi sedikit sudah di digitalisasi. Hal ini dimaksudkan untuk menata dokumen-dokumen pertanahan milik negara, pemerintah, desa, atau pemilik hak guna usaha. Digitalisasi yang dilakukan akan membantu pihak DPKPP jika terjadi masalah sehingga mudah dalam pencarian dokumen.

Baca Juga : Jasa Aplikasi Web Terbaik

Jika membutuhkan Layanan Sistem Informasi Database Pertanahan dapat menghubungi CV Binokasih Global Teknologi, kami akan memberikan layanan dan support terbaik. Silakan menghubungi kami via Whatsapp atau melalui website kami

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 BiGTek - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress